18 Tips Jitu yang Pengguna Android Harus Ketahui

Kabar Android - Perkembangan Android semakin meningkat dari hari ke hari membuatnya menjadi platform gadget paling dominan. Selain karena teknologi canggih dengan harga yang lebih murah, adalah alasan mengapa kebanyakan orang memilih Android dibandingkan IOS.

Murah bukan berarti murahan, inilah kata yang tepat untuk platform OS Android. Karenanya dengan harga lebih murah tetapi pengguna Smartphone dapat mendapatkan sajian kecepatan dan kepintaran gadget ini. Ada banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan smartphone Android sehari-hari.

Kabar Android telah merangkumnya dari berbagai sumber terpercaya yang kami dapat, untuk dibagikan kepada semua pecinta Android.

Tidak perlu di root atau pun berganti Custom ROM untuk menguasai Android, kamu bisa mencoba kumpulan keren yang akan kami kabarkan.

Berikut kita jajarkan pembahasan dari Kabar Android untuk semua pengguna smartphone Android tentang 18 Tips Jitu yang Harus Pengguna Android Ketahui :

1. Screenshot Tanpa Harus Menekan Tombol

Screenshot Tanpa Harus Menekan Tombol
Screenshot di Android bisa dilakukan dengan kombinasi tombol. Dengan menginstal aplikasi android gratis screenshot crop & share bisa mengambil screenshot di layar handphone tanpa menekan 1(satu) tombol pun. Apalagi dengan aplikasi gratis ini kamu bisa mengambil capture gambar di bagian yang kamu inginkan saja atau bisa dikatakan bisa mengambil screenshot sebagian saja.

2. Menyembunyikan File ataupun Aplikasi Tanpa Software apa pun

Menyembunyikan File ataupun Aplikasi Tanpa Software apa pun
Tips yang satu ini memudahkan kalian untuk menyembunyikan file, foto, video atau aplikasi tanpa aplikasi apa pun. Mulai dari Android Lolipop tinggal membuat Guest Mode atau mode lainnya. Jadi membuat file dan aplikasi kalian semua aman.

3. Developer Mode

Android Developer Mode
Walau kita hanya user, Android memberikan fitur jika ingin berlaku sebagai developer. Caranya hanya tinggal masuk ke Setting - lalu cari Developer Option lalu nyalakan Developer Mode dengan mengganti opsi off menjadi on. Banyak yang bisa dilakukan jika dalam Developer Mode.
Kabar Android akan membahas Kelebihan Android Developer Mode di artikel selanjutnya.

4. Mempercepat Kemampuan Android

Android Animation Scale
Lagi-lagi tidak perlu nge-root Android untuk mempercepat smartphone yang nge-lag. Hanya dengan mengaktifkan fitur Animation Scale di Setting - Developer Option sudah bisa mempercepat Android kamu yang lemot.

5. Manfaatkan Google

Android Google
Salah satu keunggulan Android dibandingkan dengan OS lain yaitu karena semua sistem didukung oleh Google. Karena Android memang dikembangkan oleh Google.

Selagi menggunakan Smartphone Android, salah satu tips untuk pengguna Android adalah baiknya menggunakan semua layanan ataupun aplikasi yang dikembangkan Google.

Karena Google sudah pasti membuat semua aplikasi miliknya saling terintegrasi pada semua perangkat Android.

  • Contohnya seperti : Gunakan Gmail untuk E-Mail
  • Gunakan Aplikasi YoutTube untuk nonton streaming.
  • Gunakan Photos untuk aplikasi galeri foto.
  • Manfaatkan Google Play Music untuk pemutar musik.
  • Google Keep untuk membuat catatan pribadi, dan lain sebagainya.

6. Kenali Apa yan Dibagikan

Android Share
Semua software di Android memerlukan akses ke sistem supaya aplikasinya dapat berjalan dengan baik. Ada yang memerlukan akses ke contact, kamera, lokasi, SMS, dll.

Selalu perhatikan akses apa saja yang diperlukan oleh software saat anda menginstalnya. Karena andai tidak berhati-hati, bisa jadi ada software yang dapat mengambil data pribadi kamu.

7. Aplikasi Default

Aplikasi Default
Dengan banyaknya software yang diinstall dari Google Play Store, tentu ada banyak software yang memiliki fungsi sama antara satu software dengan software lainnya. Karena itu dibutuhkan aplikasi default yang dirasa nyaman untuk menggunakannya.

Misalnya seperti contoh gambar di atas banyak pilihan apliasi untuk membuka dan menampilkan foto, sesuai dengan kenyamanan masing-masing pilihlah salah satu aplikasi yang ada, tips dari Kabar Android pilihlah aplikasi yang nyaman dan sesuai dengan user experience yang biasa dilihat dan gunakan. Dengan fitur aplikasi default ini kalian dapat menghemat waktu tanpa harus memilih lagi aplikasi pembuka galeri foto yang sudah tentukan.

Hanya dengan mengklik Always (selamanya) secara otomatis apabila membuka foto atau gambar, maka aplikasi yang dipilih menjadi default lah yang akan melayani dan menyediakan gambar foto pada kalian, tanpa munculnya pemilihan opsi aplikasi seperti gambar di atas.
Apabila salah mengklik saat pemilihan default app kalian bisa merubahnya lagi di menu setting.

 8. Hemat Baterai

Android Battery Saver
Salah satu cara menyayangi baterai Android adalah dengan mengaktifkan fitur Battery Saver. Tips ini sangat penting agar baterai Android-mu hemat saat status baterai hampir habis di persentase tertentu, kalian bisa mengaturnya sesuai keinginan dengan pilihan di bawah 5% atau 15%, nantinya fitur ini akan otomatis aktif pada saat persentase baterai yang ditentukan.

9. Data Usage

Android Data Usage
Tentunya salah satu paling penting dalam Andaroid adalah Internet, ngga kebayangkan smartphone canggih tapi ga berguna banyak kalau ga ada kuota ? Yap memang keunggulan sistem android adalah akses yang cepat, apalagi kalau di zaman serba modern dan serba cepat ini smartphone android ngga kuota, apa gunanya ? Maka dari itu Kabar Android akan memberikan tips agar pemakaian kuota tidak jebol.

Pantau pemakaian kuota Internet Android lewat menu Settings > Data Usage. Lalu lihat pemakaian data anda di jaringan mobile dan di jaringan WiFi. Bisa atur batas maksimal penggunaan kuota di fitur Data Usage. Dan mengatur penggunaan data dan WiFi secara teratur, contohnya tidak ingin menggunakan kuota untuk download, maka pilihlah pilihan "Download Using WiFi Only".

10. Atur Kegiatan Aplikasi

Android Disable App
Semua smartphone Android, kecuali Nexus dan Android One, pasti muncul dengan bloatware atau software bawaan. Nah Bloatware ini adalah aplikasi bawaan yang sering bekerja di belakang layar walaupun kita tidak membuka aplikasi tersebut. Agar tidak memberi beban pada sistem, caranya adalah disable software tersebut dengan teknik masuk ke Settings > Apps, kemudian cari software yang mau kamu disable.

11. Accessibility

Android Accessibility
Semua android dibekali dengan panel eksklusif untuk memperlihatkan notifikasi. Pada panel notifikasi dapat ditemukan akses cepat ke sekian banyak  menu yang terdapat di Android. Tapi bukan hanya akses cepat ke pengaturan khusus saja, kamu juga dapat masuk ke menu Setting lewat panel notifikasi seperti gambar di atas.

12. Multitasking

Android Multitasking
Beberapa smartphone Android ada yang dibekali dengan fitur Multi Windows, seperti jajaran produk Samsung Galaxy atau smartphone yang sudah memakai Android Nougat. Di samping itu, juga dapat menggunakan software lain agar dapat nonton video tetapi tetap bisa menjalankan software lain, seperti chatting atau browsing, dll.

13. Costumize

Android Costumize
Agar tampilan Android tidak membosankan, dapat menggunakan berbagai software launcher terbaik yang terdapat di Google Play Store. Dengan memakai launcher, tampilan homescreen Android dapat diubah sesuai selera dengan mudah. Bahkan sejumlah launcher memberikan fitur baru yang tidak secara default diangkut Android kamu, contohnya Hola Launcher yang dapat menyembunyikan software dan boost.
Jika Android kamu sudah di-root, maka dapat menggunakan Custom ROM guna memodifikasi tampilan Android-mu.

14. Akses Cepat ke Kamera

Android Akses Cepat ke Kamera
Bagi yang hobinya foto-foto untuk mengabadikan momen atau untuk selfie, tentunya tidak mau kan saat mendapatkan momen foto tetapi kehilangan momen karena kelamaan buka aplikasi kamera ? 

Google secara default memberikan akses cepat ke kamera di tampilan lock screen. Jadi kamu dapat dengan cepat membuka kamera memakai akses cepat ini. Kalau di Lock screen tidak ada akses cepat kamera, bisa ikuti caranya sesuai dengan gambar di atas. Hanya dengan mencentang Camera shortcut atau Jalan Pintas Kamera pada Android berbahasa Indonesia.

Dengan tips ini pemakai Android bakal lebih irit waktu daripada mesti mencari software kamera dari sekian banyak software yang dimiliki.

15. Google Search

Android Google Search
Pernahkah kalian menggunakan fitur Google Search yang disediakan Google? Dengan memakai widget Google Search yang disediakan pada Android, maka kamu dapat mencari sekian banyak  hal yang terdapat di Android anda dengan mudah dan cepat. Mulai dari aplikasi, kontak, sampai browsing. Tidak perlu ke browser langsung saja klik google yang ada di home dan mulai mencari yang dibutuhkan di internet.

16. Cleaner

Android Cleaner
Seperti halnya PC, smartphone juga perlu dibersihkan. Tidak mau kan android kesayangan-mu menjadi lemot di kedepannya ? nah makanya itu diperlukan bersih-bersih menggunakan aplikasi cleaner. Karena kalau tidak dibersihkan maka RAM android akan melambat atau penyimpanan internal menjadi penuh. Hal yang bisa dilakukan adalah mematikan program aktif yang sedang tidak digunakan melalui setting>apps seperti task manager di PC.

Setelah mematikan kegiatan aplikasi yang tidak digunakan, yang perlu dilakukan adalah tentu saja sesuai dengan sub judulnya yaitu "Cleaner". Bagaimana cara menggunakan cleaner ? Hanya tinggal masuk ke cleaner bawaan android atau CC Cleaner yang bisa di download di Play Store. Cleaner ini nantinya akan menghapus cache tidak berguna yang memakan kinerja RAM, duplikat file, duplikat foto, dll.
Cleaner ini sangat berguna untuk kecepatan smartphone kalian hanya dengan masuk dan klik Clean junk, trash, dll

 17. Owner Info

Maraknya kejadian pencurian belakangan ini, itulah yang membuat Kabar Android harus memberikan Tips Jitu yang satu ini. Kalian bisa menaruh alamat dan informasi kontak di lock screen smartphone kalian.

Caranya hanya dengan masuk ke Setting>Security>Screen Security>Owner Info (seperti pada gambar di atas). Hanya dengan mengetikan informasi alamat untuk di tampilkan di lock screen.

Anda juga bisa melacak posisi ponsel anda dengan menggunakan "Google". Hanya dengan mengetikkan kata kunci "Find My Phone" dan selanjutnya Google Search akan menampilkan posisi ponsel kalian melalui tampilan Google Maps.

Apabila sangat diperlukan, kalian juga dapat menyembunyikan ringtone smartphone atau melakukan remote wipe dari fitur "Find My Phone".
Tujuan Tips ini adalah untuk berjaga-jaga agar tidak ada data penting yang ada di smartphone kalian berada di tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

18. Android Encryption

Android Encryption
Tips jitu yang satu ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, kecuali kamu benar-benar menyimpan file-file penting yang ditakuti bisa jatuh ke tangan orang lain.

Untuk Menggunakannya tinggal masuk ke Setting>Security>Encryption, lalu pilih "Encryption Phone". Nantinya akan diminta untuk membuat PIN. Kode PIN ini selanjutnya akan menjadi PIN utama dan diminta setiap kali menyalakan smartphone kalian.
Proses ini akan memakan waktu yang lam, dan hanya bisa dibalikkan melalui factory reset. File yang dienkripsi juga akan menjadi lebit lambat diakses.
Demikianlah pembahasan tentang  18 Tips Jitu yang Pengguna Android Harus Ketahui dari Kabar Android. Apabila tertarik menggunakan Android tetapi bingung apakah sebaiknya pilih IOS, kalian bisa bandingkan kedua OS ini dari artikel yang sudah dibuat Kabar Android sebelumnya sebagai referensi di : PERBANDINGAN ANDROID VS IOS LENGKAP TERBARU 2019

Baca juga :

Related Posts:

0 Response to "18 Tips Jitu yang Pengguna Android Harus Ketahui"

Posting Komentar

Back to top